Minuman sehat dan aneka jus untuk kesehatan jantung, anak, ibu hamil, penderita diabetes , kolesterol, penderita maag, radang tenggorokan, diet, kulit, tinggi kalsium, rendah lemak dll.

Kamis, April 10, 2014

Manfaat Khasiat Daun Pepaya

manfaat daun pepaya

Manfaat Khasiat Daun Pepaya. Tanaman pepaya sudah tidak asing lagi bagi kita. Tanaman ini banyak tumbuh di Negara kita. Terlepas dari Buahnya yang banyak di Gemari orang, daun papaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan bisa mengobati berbagai macam penyakit. ada juga sebagian Masyarakat yang memanfaatkan Daun Pepaya sebagai Lalapan, teman makan sambal. Namun, manfaat daun pepaya bukan hanya sebatas lalapan teman makan nasi. Sejak zaman dahulu kala daun pepaya sudah dijadikan sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan ramuan daun pepaya antara lain cacingan, malnutrisi pada bayi, demam berdarah, dan nyeri haid. Bahkan menurut penelitian terbaru daun pepaya juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Kandungan Nutrisi Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung berbagai macam zat, antara lain Vitamin A 18250 SI, Vitamin B1 0,15 mg, Vitamin C 140 mg, Kalori 79 kal, Protein 8,0 gram, Lemak 2 gram, Hidrat Arang 11,9 gram, Kalsium 353 mg , Fosfor 63 mg, Besi 0,8 mg, Air 75,4 gram. Kandungan carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing.

Disamping pada daunnya, akar dan getah pepaya juga mengandung zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit dan vitamin.

Berikut beberapa resep minuman sehat dari daun pepaya:
Kekurangan Nutrisi pada Balita
Daun pepaya kaya dengan vitamin dan mineral. Jika balita anda mengalami kekurangan nutrisi gunakan daun pepaya untuk mengatasinya. Siapkan 1 lembar daun pepaya, cuci bersih kemudian direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, saring untuk diambil airnya. Lalu diminumkan pada balita dua sendok makan setiap hari.

Mengobati Demam Berdarah
Demam berdarah bisa diatasi dengan menggunakan daun pepaya. Caranya ambil 5 lembar daun pepaya atau secukupnya saja kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Air rebusa daun pepaya tersebut diminum sekaligus. Sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkomsumsi daun pepaya ini kecuali jika sudah dalam tahap mengkhawatirkan.

Meningkatkan Nafsu Makan
Untuk meningkatkan nafsu makan, siapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

Mengobati Nyeri Haid
Campuran daun pepaya dan asam jawa, cukup efektif dalam mengatasi rasa nyeri akibat dtang bulan. Caranya, sediakan 1 lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya dan air dicampurkan dan direbus hingga matang. Untuk khasiat yang lebih baik sebaiknya diminum selagi hangat.


Dalam proses pengolahannya daun pepaya juga dapat dibuat jus dan berikut ini adalah langkah-langkah membuat jus daun pepaya :

  • Siapkan 200 gram daun pepaya yang masih muda dan segar
  • Cuci sampai bersih
  • Rebus diair mendidih (jangan sampai terlalu masak)
  • Blender dengan air secukupnya
  • Minum jus daun pepaya muda tersebut dua kali sehari secara rutin, pagi dan malam hari. untuk lebih jelasnya cara meminum jus baca cara membuat jus yang sehat dan enak
Demikian beberapa resep minuman sehat dari daun pepaya.

Manfaat Khasiat Daun Pepaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Hardianti